Resep Wedang Ronde Jogja Nikmat

Resep Wedang Ronde - Setelah kami tadi membuatkan Resep Tiramisu salah satu menu dessert yang lezat , sekarang kami akan membuatkan resep menu minuman yang enak dan hangat di tenggorokan. Minuman khas kota yogyakarta yaitu wedang ronde yang istimewa , menyerupai slogan jogja istimewa.

Wedang ronde biasanya dinikmati dimalam hari sambil nongkrong di pinggir jalan bersahabat keramaian kota yogyakarta. Bagi para penikmat masakan malam , wedang ronde cocok dijadikan sobat bersantai kalian. Rasa wedangnya yang manis ditambah isi wedangnya yang gurih serta hangatnya jahe sangat enak diminum dan dimakan. 

Di Jakarta punya menu minuman tradisional sekoteng , di Temanggung ada menu minuman Wedang Wasis , tapi kalau di Jogjakarta sudah pasti menu minuman tradisonal yang sudah terkenal hingga mancanegara yaitu Wedang Ronde asli jogja. Minuman wedang ronde ini disukai banyak kalangan.

Wedang ronde asli jogja mungkin mampu dijadikan buah tangan orang yang ada dirumah , namun hanya khusus yang bersahabat saja , kalau sudah keluar kota tentu sudah tak senikmat yang gres dibuat sama penjualnya. Solusi sempurna untuk anda yang berada jauh dari jogja dan di kota anda belum ada wedang ronde mari kita membuatnya sendiri dirumah. 

Menu minuman wedang ronde ini cocok untuk dijadikan sajian istimewa berkumpul dengan keluarga anda rumah. Mari simak Resep Wedang Ronde yang hangat dan nikmat dari kota jogja.

Resep Wedang Ronde
Resep Wedang Ronde

Bahan Untuk Ronde :

  1. 150 gr tepung ketan
  2. 1/4 sendok teh garam 
  3. 135 ml air matng hangat 
  4. Pewarna hijau (Jika diperlukan)
  5. Pewarna merah (Jika diperlukan)

 Bahan Untuk Isi Wedang Ronde :

  1. 50 gr kacang tanah (sudah dikupas) , goreng sangrai
  2. 25 gr gula pasir 
  3. 1/8 sdt garam 

Wedang Jahe :

  1. 2.000 ml air 
  2. 400 gr gula pasir 
  3. 400 gr jahe , dibakar , lalu digeprak/digepengkan
  4. 1 sdt garam 
  5. 4 lbr daun pandan 
  6. 6 btg serai , digepengkan

Bahan Pelengkap :

  1. 200 gr kolang-kaling rebus , diiris kecil-kecil
  2. 3 buah roti tawar hilangkan kulitnya , potong kotak-kotak
  3. 25 gr sagu mutiara merah

Cara Membuat Wedang Ronde :

  1. Isi Wedang Ronde :  blender campuran kacang tanah ketika masih hangat , gula pasir , dan garam hingga berbentuk menjadi butiran kecil-kecil tidak terlalu halus. Lalu sisihkan.
  2. Bahan Ronde , campurkan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit dan diuleni hingga adonan kalis.
  3. Pisahkan adonan dalam tiga bagian. Satu bab diwarnai merah , satu bab diwarnai hijau , dan bab terakhir biarkan putih. Aduk-aduk hingga rata masing-masing adonan semoga warna merata.
  4. Ambil adonan ronde secukupnya. Pipihkan dengan tangan. Beri isi secukupnya. Bentuk adonan menjadi bulat. Lakukan membuat bulatan hingga adonan tidak tersisa.
  5. Masak air hingga mendidih. Masukkan bola Ronde yang sudah dibuat. Rebus hingga bola ronde mengapung. Seanjutnya angkat dan tiriskan bola ronde.
  6. Bahan wedang jahe : Campurkan air , gula pasir , jahe ,daun pandan , dan serai rebus materi tersebut dengan api kecil hingga mendidih dan keluar aroma harum.
  7. Cara menyajikan , masukan materi isian ronde dan pelengkapnya kedalam mangkok , lalu tuangkan kuah ronde ke dalam mangkok , nikmati selagi panas
Sajikan ronde disaat panas. Demikian Cara Membuat dan Resep Wedang Ronde asli Jogja yang hangat dan nikmat. Selamat mencoba , semoga anda menyukainya
 

 

Previous
Next Post »
0 Komentar