Resep Onde-Onde Kacang Hijau Istimewa

Resep Onde-Onde - Jajanan tradisional yang populer dengan bentuknya yang lingkaran di kelilingi wijen serta isinya yang manis buket menjadi primadona penikmatnya. Onde-onde sangat mudah di dapat di pasar-pasar tradisional ataupun stan-stan jajanan tradisional serta penjual kaki lima. Onde-onde juga dikenal sebagai kudapan manis macho.

Sedikit dongeng , pernah gua jumpai ada seorang turis yang membeli onde-onde dan memakannya didekat saya. Ketika dy makan onde-onde sambil dilihat bentuk dari onde-onde tersebut , kemudian tanya ke guide nya ini makanan apa dan biji-biji ini di tempel satu per satu ke tepungnya? gua yang mendengarnya sedikit tersenyum , ternyata turis juga mampu kagum sama makanan asli Indonesia.

Turis saja pengin tahu apa itu onde-onde dan bagaimana membuatnya , masa kita kalah ngga tau apa itu onde-onde dan bagaimana membuatnya. Sekarang kami akan sedikit mengambarkan apa itu onde-onde. Onde-onde yaitu sejenis kudapan manis jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di tempat Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde semenjak zaman Majapahit.Onde-onde juga populer khususnya di tempat pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi , yang paling dikenal yaitu onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya menyerupai putih , merah , atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum , yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Rasa onde-onde manis dan guring serta empuk. Kandungan gizi dari onde-onde tentu ada. Dari bahannya sudah kelihatan kalau onde-onde itu jajanan sehat tanpa materi pengawet. Bagi anda yang bosan dengan isi onde-onde , anda dapat menggantinya dengan isi sesuai selera anda. 

Onde-onde sangat cocok disajikan dalam segala program menyerupai arisan , hajatan , atau sekedar sajian untuk tamu di rumah dan ketika anda bersantai. Onde-onde paling nikmat di makan dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat di pagi dan sore hari.

Dari pada anda bersantai galau mau ngapain dirumah , mending bikin jajanan enak untuk keluarga. Membuat Onde-onde sendiri itu madah dan mampu dijamin kehigienisannya. Anda juga dapat membuatnya sesuai selera anda , serta dapat mengetahui kualitas bahan-bahan yang anda gunakan.

Di dalam artikel ini , setelah sebelumnya kami memperlihatkan anda Resep Jamu Kunyit Asam di zonamakan.blogspot.com sekarang kami akan mengembangkan Resep Onde-Onde dengan isi kacang hijau yang manis dan enak untuk anda. Silahkan simak terus resep berikut ini. 

Resep Onde-Onde
Resep Onde-Onde

Bahan Onde-Onde :

  1. 200 gram kacang hijau kupas , rendam 3 jam 
  2. 175 gram gula pasir   
  3. 1 lembar daun pandan   
  4. 75 mililiter santan kental 
  5. ¼ sendok teh garam

Bahan Biang :

  1. 2 sendok makan tepung kanji 
  2. 7 mililiter air 

Bahan Kulit Onde-Onde :

  1. 175 mililiter air 
  2. 75 gram gula pasir 
  3. ¼ sendok teh garam 
  4. 300 gram tepung ketan

Bahan Pelengkap Onde-Onde : 

  1. 100 gram wijen   
  2. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Onde-Onde :

  1. Isi : Kukus kacang hijau selama 1 jam sampai matang. Tuang ke wajan antilengket , tambahkan gula pasir , daun pandan , santan , dan garam. Masak sambil diaduk sampai adonan dapat dipulung.
  2. Biang : Aduk materi biang , lalu masak sambil diaduk sampai meletup-letup.
  3. Kulit : Didihkan air , gula , dan garam , lalu masukkan ke dalam tepung ketan , aduk rata. Masukkan biang sambil diuleni sampai kalis. Bagi adonan kulit menjadi 40 bagian. Bagi juga adonan isi 40 bagian.
  4. Pipihkan adonan kulit lalu tambahkan isi , bulatkan.
  5. Celup bulatan kudapan manis ke dalam air lalu gulingkan ke wijen. Goreng dalam minyak hambar , setelah terapung , besarkan sedikit apinya. Angkat setelah kudapan manis berwarna kuning kecokelatan.
Untuk 40 buah.

Tips :

  1. Gunakan api kecil ketika memasukkan kue. Saat kudapan manis setengah terapung , besarkan sedikit apinya semoga mengembang dan kudapan manis tidak meletus.
  2. Setelah kudapan manis macho atau onde-onde terapung , goreng sambil ditekan-tekan semoga mengembang.
  3. Buatlah isi kacang hijau sehari sebelum membuat kudapan manis semoga isian lebih keras dan mudah dibentuk. 
Onde-onde juga dapat anda jadikan sebagai peluang urusan ekonomi masakan yang menjanjikan alasannya banyak peminatnya. Demikian Cara Membuat dan Resep Onde-Onde isi kacang hijau dari kami. Selamat mencoba , semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar