Resep Kue Putu Bumbung Istimewa

Resep Kue Putu Bumbung - Jajanan tradisional yang masih eksis sampai kini salah satunya adalan kudapan manis putu bumbung. Hingga kini masih banyak penjajak jajanan tradisional kudapan manis putu bumbung. Biasanya penjual kudapan manis putu bumbung keliling komplek perumahan mulai siang hari terkadang juga ada di sore hari. Harganya yang terjangkau tak jarang anak kecil yang sering membelinya.

Kue putu biasanya berwarna hijau atau putih tergantung selera kita. Bentuk dari kudapan manis putu ibarat tabung namun kecil. Di dalam kudapan manis putu ada gula merahnya , sehingga saat kudapan manis putu dibelah menjadi dua maka lelehan gula itu akan keluar. Dalam penyajiannya kudapan manis putu biasanya di taburi parutan kelapa untuk menambah rasa gurih. 

Alat yang digunakan untuk membentuk kudapan manis putu sangat unik yakni dengan menggunakan belahan bambu kecil dengan ukuran kira2 panjangnya 4 cm. Cara memasaknya juga unik , mengeluarkan suara ibarat siulan. 

Bagi anda yang sekarang sudah remaja pasti tak gila lagi dengan jajanan ini. Namun sayangnya bagi putra putri anda yang masih kecil di masa ini pasti ada yang belum tahu apa itu kudapan manis putu. Dari pada anda hanya bercerita kepada anak anda apa saja jajanan anda waktu kecil , mendingan anda bikinin juga jajanan yang sama untuk anak anda di rumah.

Kami akan membagikan resep dan cara membuat jajanan tradisional ini. Berikut Resep Kue Putu Bumbung yang istimewa untuk anda dan si buah hati.

Resep Kue Putu Bumbung
Resep Kue Putu Bumbung

Bahan Kue Putu Bumbung : 

  1. 375 gr tepung beras
  2. Air secukupnya
  3. ½ btr kelapa , parut
  4. Garam secukupnya
  5. Daun pandan secukupnya
  6. 250 gr gula merah , iris tipis
  7. Potongan bambu kecil dengan panjang 10 cm , diameter 4 cm (untuk cetakan)

Cara Membuat Kue Putu Bumbung :

  1. Remas-remas tepung beras dengan sedikit air sampai lumat dan kalis. Buat beberapa kepalan dan kukus sampai matang
  2. Hancurkan kukusan tepung , campur dengan kelapa parut dan garam , aduk rata. Isikan ke dalam belahan bambu , isi dengan belahan gula merah di dalamnya.
  3. Alasi dengan daun pandan , kukus sampai matang , angkat
  4. Keluarkan kudapan manis dari bambu , hidangkan dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan sedikit garam
  5. Sajikan selagi hangat dengan teh manis atau kopi panas anda
Demikian Resep Ombre Cake. Selamat mencoba di dapur kesayangan anda , biar bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar